Memberi Tanda Air Pada Berkas PDF

Karena ada kebutuhan untuk memberi tanda air (watermark) di berkas pdf tanpa dari Libreoffice, jadi cari-cari sana-sini. Ketemu caranya di tautan ini. Perkakas yang dibutuhkan adalah pdftk dan LibreOffice. pdftk digunakan untuk memberi tanda air (watermark) pada berkas pdf yang sudah ada, sementara LibreOffice digunakan untuk membuat berkas pdf berisi tanda air (watermark). Pastikan keduanya sudah terpasang ya. Selain itu, siapkan juga berkas pdf yang akan diberi tanda air (watermark). Kenapa tidak membubuhkan tanda air (watermark) di LibreOffice lalu menyimpannya dalam format pdf? Jawabannya karena bukan saya yang membuat berkas pdf tersebut, jadi saya hanya menerima berkas pdf tersebut dan ada kebutuhan untuk memberi tanda air (watermark).

Pertama-tama, kita akan membuat berkas berisi tanda air (watermark). Buka LibreOffice Writer, lalu klik menu Format > Watermark. Anda dapat mengatur teks yang akan muncul, jenis fonta, sudut kemiringan, tingkat transparansi, dan warna tanda air (watermark).

https://gitlab.com/cho2/blog-images/-/raw/master/2023-01-25/LO-watermark-1.png

https://gitlab.com/cho2/blog-images/-/raw/master/2023-01-25/LO-watermark-2.png

Setelah selesai, ekspor berkas tersebut ke pdf. Beri nama misalnya berkas-tanda-air.pdf.

https://gitlab.com/cho2/blog-images/-/raw/master/2023-01-25/evince-watermark.png

Kemudian, siapkan berkas pdf yang akan diberi tanda air (watermark). Beri nama misalnya berkas-asal.pdf. Jalankan perintah berikut untuk membubuhkan tanda air (watermark) pada berkas pdf yang sudah disiapkan.

pdftk berkas-asal.pdf background berkas-tanda-air.pdf output berkas-jadi.pdf

Keterangan:

Hasilnya kira-kira seperti berikut.

https://gitlab.com/cho2/blog-images/-/raw/master/2023-01-25/evince-output.png

Selamat mencoba!