Jadi ceritanya Pak Edwin Zakaria selaku sesepuh openSUSE-ID lagi kontak-kontakan sama temennya, yaitu Pak Sulistyo Budi, yang merupakan salah satu petinggi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Singkat cerita, tercetus ide openSUSE-ID buat kunjungan kesana.

https://raw.githubusercontent.com/cho2/openSUSE-ID-IDX/master/openSUSE-ID-IDX.png

Karena orangnya 4L, jadilah saya (yang sedang diberi amanat jadi presiden openSUSE-ID) yang mengeksekusi mulai dari buat surat permohonan kunjungan, desain poster, buat form, kirim-kirim surel ke peserta untuk konfirmasi, kontak-kontak peserta di sms/telegram/whatsapp sampai pesen plakat.

Awalnya jumlah peserta yang mendaftar lebih dari 30 orang, tapi seiring sejalan waktu dan penundaan jadwal, jumlah peserta yang hadir tidak kurang dari 20 orang. But the show must go on.

https://pbs.twimg.com/media/DUXqSk8U8AAvEH_.jpg https://twitter.com/medwinz/status/956428128745750528

Acara dibuka oleh pak Munim selaku kepala bagian TI (kalau tidak salah, kalau salah mohon dimaafkan) yang kemudian menjelaskan secara panjang lebar teknologi yang digunakan di Bursa Efek Indonesia ini, juga sejarah bagaimana berpindah dari sistem yang masih manual hingga sampai sekarang ini.

https://gitlab.com/cho2/blog-images/raw/master/2018-02-01/1.jpg Saya kebagian memperkenalkan openSUSE-ID ke Bursa Efek Indonesia

Kemudian, bagian berikutnya adalah memperkenalkan saham secara umum oleh staf BEI dan bagian terakhir adalah demo cara membeli dan menjual saham.

Kunjungan berlangsung kurang lebih 2 jam. Rencananya akan ada kunjungan-kunjungan berikutnya dari openSUSE-ID. Sampai jumpa pada episode selanjutnya.

https://gitlab.com/cho2/blog-images/raw/master/2018-02-01/2.jpg

https://gitlab.com/cho2/blog-images/raw/master/2018-02-01/3.jpg

https://gitlab.com/cho2/blog-images/raw/master/2018-02-01/4.jpg Saya menemukan destop GNOME 2 lho, dengan sistem operasi RedHat.