Memasang openSUSE Tumbleweed Pada Lenovo Thinkpad X1 Carbon

https://gitlab.com/cho2/blog-images/raw/master/2017-09-15/2017-09-15.png

Jadi ceritanya mumpung GNOME 3.26 baru rilis dan bosen dengan Debian Sid, juga kerjaan lagi nunggu umpan lambung dari pemrogram yang tadi sore hampir gagal masak Indomie gara-gara gas habis serta kantor lagi beberes untuk acara Kerja Bakti GCompris, maka sore ini saya memutuskan memasang openSUSE Tumbleweed pada Lenovo Thinkpad X1 Carbon yang beli borongan 5 biji, 3 bji diantaranya sudah masuk servisan.

Saya mengunduh berkas iso DVD openSUSE Tumbleweed Snapshot tanggal 14 September yang sudah memuat GNOME 3.26. Saya memasang dengan mode enkripsi penuh pada swap dan root, jangan lupa untuk memformat juga partisi EFI agar komputer dapat boot. O iya, entah mengapa sejak zaman memasang openSUSE Tumbleweed pada MacBookAir (yang belakangan saya pasang Leap), touchpad selalu tidak dapat digunakan pada installer. Jadi, selalu sediakan tetikus eksternal saat memasang openSUSE.

Setelah selesai memasang, wireless langsung terdeteksi. Berikutnya adalah memasang perangkat lunak yang dibutuhkan sehari-hari.

Spotify dipasang lewat Flatpak, nanti coba ditulis lain waktu.